Uncategorized

Bullet Journaling, apa sih?

Kalau ada yang suka ngeluh susah ngatur waktu dan me-manage kegiatan sehari-hari, sepertinya kita punya kesamaan yang hqq. 😀 Kalau boleh jujur, sebagai seorang full time mom & wife, ada kalanya aku ngerasa kewalahan dengan apa yang dikerjain sehari-hari. Hahaha. Bukan buka aib loh, tapi ini bisa jadi issue utama buat mahmud-mahmud yang mungkin memiliki latar belakang sama, yang tadinya kerja kantoran dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore, trus tiba-tiba resign demi terciptanya keluarga bahagia. Kadang ngerasa cape sendiri karena sibuk urus ini itu, tapi hasilnya semacam nihil alias tidak terlihat. Zero achievment. Sampe kalo ada pertanyaan, “ngapain aja buk, seharian?” bingung jawabnya.

Nah, beberapa waktu yang lalu aku ketemu sama yang namanya Bullet Journaling. Semacam sistem perencanaan yang lebih fleksibel, customizable, dan sangat bisa mengekspresikan diri kita sendiri.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 14.39.51

Apa sih, Bullet Journal itu? Bagi yang senang nulis diary, planner, atau agenda mungkin pernah dengar istilah ini. Pas pertama kali tau, sebenernya aku bingung dengan bedanya sama planner yang sudah biasa kita pakai. Planner itu yang kalo kita beli sudah ada template nya, seperti: date, subject, to do list, dll. Istilah lainnya tuh buku agenda harian. Nah, meskipun sama-sama bertujuan untuk membantu merapikan perencanaan, mengorganisir kegiatan atau aktifitas, menjadi reminder buat yang suka lupa sama janji, bullet journal juga bisa jadi wadah untuk menampung kreatifitas macam doodle, handlettering, juga luapan-luapan ide yang kadang tidak beraturan.

Boleh dibilang, ini adalah planner dengan versi yang lebih simpel tapi kompleks. Bisa menyalurkan semua ide, karena kita sendiri yang membuat template atau layout-nya. Mau model kaya apa, butuhnya gimana juga kita yang menentukan. Bagusnya lagi, (kalo di aku sih) dengan menggunakan bullet journal ini, apa yang aku kerjain jadi lebih terasa menyenangkan dan efektif dalam penyelesaiannya.

Yang dibutuhin untuk mulai bullet journaling ini adalah :

1. Buku.

Buku apa aja boleh, yang jelas buku tulis ya. Bisa yang dalemnya bergaris, kosong, titik (dotted), atau kotak (grid) kaya buku matematika jaman SD. Semuanya bisa difungsikan, tergantung kenyamanan kita aja. Kalau aku, tahun 2017 (masih beberapa bulan lalu sebenernya) pake buku yang pake ring dan di dalamnya bergaris. Kebetulan bukunya dapet oleh-oleh dari kakang suami sepulangnya dari seminar. Sudah dipake setengahnya dari awal tahun, tapi masi banyak yang kosong. Eman juga kan kalau ga dimanfaatkan? Ya..itung-itung latian dulu lah ya, bikin template atau layout yang cocok.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 14.53.35 (5)
Buku yang digunakan di tahun 2017. Isinya masih banyak yang ga jelas, hahaha..

Di tahun 2018 ini, aku beli buku binder berukuran A5 yang sistemnya bisa lepas pasang (loose leaf) agar mudah disesuaikan. Di dalemnya diisi sama tipe kertas bergaris (lined) dan kertas kosong (blanked). Tadinya mau beli kertas isian yang tipe dotted, tapi ternyata agak susah juga cari di kota ini. Mungkin karena nyarinya baru di satu toko alat tulis yah, usahanya masih belum maksimal juga. Khe..khe..khe….

WhatsApp Image 2018-01-02 at 14.53.35 (4)
Ini dia buku bullet journal baruku. Sengaja pilih yang warna orange, favorit deh buat nambah semangat.

 

2. Pulpen

Dari dulu waktu kuliah, aku punya pulpen favorit yang bisa bikin tulisanku jadi tampak lebih ramping dan rapi. Pakenya pulpen merk Pilot Hi-Tec-c no. 04. Meskipun gel, pulpen ini menghasilkan tulisan yang bold tapi ga mbleber kemana-mana. Selain itu kalo dipake nulis lebih enak, halus, dan ringan. Cuma minusnya adalah, sekali jatoh pulpen ini langsung ngambek bagaikan putus cinta yang ga bisa terobati, alias ga bisa diapa-apain lagi.

WhatsApp Image 2018-01-02 at 15.25.47
Pulpen kecintaan semenjak jaman perang dengan skripsi, meskipun gampang ngambek, tapi hati ngga pernah bisa move-on lagi

Nah, itu tadi adalah 2 item terpenting untuk memulai bullet journal. Sedikit spoiler, sekaligus buat menyapa kalian di awal tahun, semoga semangat buat berbagi info bullet journal ini akan tetap istiqomah dan lebih baik lagi di setiap postingannya yah! 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s